Sunday, 3 February 2013

BMW R50/2 Plunger

Aneh juga kalo baca judulnya, tidak ada BMW R50/2 yang Plunger. Tapi memang sasis motor ini plunger kepunyaan BMW R51/3 tapi mesin yang menempel adalah mesin R50/2. Walau selintas mirip, tapi mesin R50/2 dan Mesin R51/3 nyata-nyata berbeda. Kalau mau judul yang agak panjang bisa juga dengan judul "BMW R51/3 dengan Mesin R50/2"

3 September 2010
Berawal dari info bahwa ada sasis R51/3 yang dijual di Blitar yang setelah ditelusuri ternyata sudah berpindah tangan ke Surabaya. Dengan bantuan seorang kawan untuk membujuk agar sasis dapat ditebus, sasis yang memang jarang ada yang jual di lokalan akhir berpindah tangan dan langsung kirim ke Bandung untuk di cek ulang dan dilakukan sedikit reparasi. Tidak banyak 'bonus' yang didapat dari pembelian sasis ini, yang paling bernilai hanyalah tangki bensin original motor Jawa yang sudah sedikit di modifikasi. Masih nempel plunger kiri yang sudah dirusak, sebelumnya seperti sudah dimodifikasi untuk dipasangi tromol yang memakai rantai.
Part yang paling penting sudah ada dan siap dipakai. Gardan ratio R51 ratio 35/9 dan girboks merupakan part yang paling susah dicari dan harga yang gak jelas bahkan ada yang bilang harga yang tidak masuk akal. dua part ini senilai dengan harga 1 unit motor matic keluaran terbaru. Girbok sebenarnya tidak dalam kondisi sempurna karena permukaan sudah dihaluskan dan cenderung mengkilat, sesuatu yang di'haram'kan untuk bagi penggemar orisinilan yang fanatik untuk merusak 'kulit jeruk'. Tapi karena memang susah dicari dan belum tentu ada lagi yg jual .. sikat aja !!

30 September 2010
Awalnya ada maksud untuk menempelkan tanki bensin bekas motor R51/3 Si Mbah yang tidak terpakai. Sudah diset tapi nantinya malah berubah pikiran lagi, kurang suka sasis plunger dipasangi tanki model schorsch meier. Terlihat gendut padahal ingin terlihat ramping seperti sejatinya tanki R51. Tidak banyak pekerjaan yang dilakukan, sampai tahap ini hanya membuat standar tengah, setting as roda depan dan Spakbor depan. Mesin yang menempek di sasis merupakan mesin R50/2 yang masih dalam proses mengumpulkan part2 yang masih banyak kurang.

9 Januari 2011
Sebenarnya belum komplit benar, tapi part yang sudah ada mulai di tempel dan dipasang. Supaya tidak berantakan dan sekalian inventarisasi part2 mana saja yang masih kurang. dan ternyata ... memang masih banyak yang kurang !! Karena ini bukan project yang buru2 santai saja hunting part yang kurang sambil nunggu dan ngarep2 donasi part, salah satunya donasi spakbor belakang dari R51/3 nya rohman yang dalam saat yang sama sedang masuk ICU karena di cat ulang dan bikin spakbor baru yang lebih terlihat orisinil.

3 April 2011
Sudah bisa berdiri dan banyak part yang nempel, tapi lebih banyak part yang sifatnya cuma pinjaman. Dipinjami mesin BMW R67 untuk yang sedang dicoba dihidupkan, mesin R50/2 yang sedang di bangun tidak kunjung selesai dan masih sangat lama sepertinya. Juga dipinjami sokbreker dan tromol Vollnabe yang sebenarnya diperuntukkan untuk proyek restorasi R67 yang tak kunjung dimulai. Komponen mesin Timing gear + cover, magnet, advancer dan pompa olie tak kunjung dapat .. maksudnya tak kunjung dapat dengan harga yang bersahabat alias murah !!

6 Oktober 2012
Lama di biarkan teronggok dan berdebu, motor terlihat kusam dan dekil of the kumel. Muncul semangat lagi untuk menyelesaikan perkerjaan yang sudah setahun lebih mangkrak setelah dapat donasi sepasang tromol dan sok breker komplit limbah BMW R51/3. Langsung dipasang sambil menanti mesin R50/2 sudah komplit dan hanya menunggu balancing kruk as untuk selanjutnya dirakit. Keren juga dengan tromol depan kepunyaan BMW /5 series.

29 Desember 2012
Mesin R50/2 sudah dipasang. Kruk as sudah dibalans, bearing baru, piston baru walau tidak original mahle/nural, bush klep baru, roker masih sangat bagus, timing gear dan pompa oli terpasang utuh tanpa cacat. ada yang terlupa .. tutup klep ternyata belum disiapkan ... :))


9 Juni 2013
Birdcage Parc Jakarta Selatan.
36 Tahun BMW Motor Club Jakarta
Sudah beberapa kali dicoba jalan. Tidak ada masalah berarti, hanya saja agak susah untuk berpindah gigi dari satu ke dua.



20 Agustus 2013
Ini yang namanya Kurang Ajar.
Ada orang yang tak bertanggung jawab memasang iklan di tokobagus.com (yang banyak unsur penipuan terutama untuk iklan motor klasik). Belum ada laporan apakah ada calon pembeli yang sempat tertipu dengan iklan ini. Semoga saja tidak ada.
Ini bukan kali pertama ditemukan motor di blog ini dijadikan alat untuk menipu, sebelum nya BMW R50/2 juga sudah pernah jadi korban.


4 November 2013
Motor diiklankan untuk dijual. crazy sale.







11 Nopember 2013
Motor berpindah tangan ke pemilik baru dari Bali.

22 Nopember 2013
Langkah awal untuk mengembalikan motor ke kondisi original. Dapat rongsokan tromol komplit dengan velgnya.
Untuk fork shifter girbok harus dibelikan yang baru.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...