Thursday, 11 April 2013

CBMW (Honda CB Ala BMW)



Motor modifikasi ini diberi nama CBMW (CB yang mirip BMW), yang merupakan modifikasi dari Honda CB125 buatan tahun 1976. Dimodifikasi sedemikian rupa yang katanya supaya mirip BMW R42, tapi kalo dilihat dari tampilan sok depan sepertinya lebih mirip tampilan sok depan BMW R12 Wehrmacht atau R12 militer yang biasa dipakai jaman perang dunia II. Pemilihan sasis rigid memang sesuai dengan tampilan motor-motor BMW jaman prewar.

Untuk bentuk tanki, mungkin terinspirasi toaster tank yang biasa sipakai pada BMW /5 series untuk pasal USA, hanya saja yang ini lebih slim dan tanpa tambahan plat krom di kedua sisi. Andai ukuran emblem yang dipakai lebih besar, eksyen BMW akan lebih ketara apalagi ditambah pemilihan cat warna hijau atau abu-abu dof.



Ongkos yang dikeluarkan untuk memodifikasi jauh lebih besar dari harga beli motornya sendiri. Motor dalam kondisi bahan ditebus dengan harga Rp 1,8 juta tapi biaya yang dikeluarkan untuk memodifikasi berkisar 7 juta yang sebagian besarnya merupakan Handmade (custom), seperti Sideback, Kontak kunci, penutup Shokbreaker dan batok lampu.

Modifikasi dikerjakan oleh mekanik klub motor Old Motorcycle Assosiation yang berlokasi di jalan Kapten B Sihombing Medan. Langkah pertama yang dilakukannya adalah mengganti kerangka asli motor, kemudian ia mengubah sparepart dengan berbagai merek yang sesuai keperluan dan kecocokan. Beberapa bagian lain yang menjadi fokus ubahannya diantaranya Kerangka motor, Shock (Binter Mercy diutup Kondom), Sideback, Knalpot CB 100, Kontak Starter: Handmade, Karburator: GL Pro, Asesoris: BMW, Stank motor BSA, Lampu Depan Honda C70 dan Lampu Belakang milik Kanjen.

Butuh waktu 6 bulan untuk menyelesaikan motor ini

sumber : http://medan.tribunnews.com
gambar dari : http://cybermotorcycle.com http://martycycles.files.wordpress.com

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...