Wednesday, 8 January 2014

BMW R65GS Custom

23 Juni 2013
Mesin dalam kondisi 'jeroan' lengkap termasuk girbok dengan kickstarter nya. Walau terlihat kotor, mesin dalam kondisi bagus dan bisa berputar. Namun idak ada kompresi pada silinder kiri.
Part kelistrikan tidak ada, juga karburator dan dinamo starter.
Mesin tidak dibongkar, hanya membersihkan bagian luar dan ganti oli yang memang mutlak harus dilakukan.

21 Juli 2013
Horeee ... dapat sasis original BMW R65GS. komplit dengan beberapa aksesoris yang masih nempel, standar tengah, footstep, baut swing arm, tuas operan perseneling, pedal rem komplit dengan as dan switch rem. Tidak ada karat dan keropos hanya dibaluri kotoran saja. setelah dibersihkan kondisi cat ternyata sudah sangat menyedihkan. Mau tidak mau harus di cat ulang. Warna putih jadi pilihan.
Ada dilema pada saat dihadapkan pada dua pilihan. Apakah motor akan di komplitkan dengan kondisi original atau mau di custom saja. Sebenarnya kehendak hati ingin menghidupkan motor dengan tampilan dan aksesoris original R65GS yang menempel. Tapi untuk mencapai itu cukup banyak waktu dan biaya yang akan dihabiskan mengingat part dan aksesoris R65GS sangat susah didapatkan dan harga lumayan mahal. Karena motor ini memang pada dasarnya adalah motor jarang (hanya 1700an unit yang beredar). sebenarnya ada opsi untuk memakai part R80G/S yang sangat identik dengan R65GS (kecuali mesin dan gardan) tapi sama aja mahalnya ... ya sudah, di custom ada dengan part apa saja yang bisa menempel.

tidak mudah untuk mendapatkan Sub frame belakang original R65GS atau R80G/S. Kalaupun ada, harganya tidak bersahabat. Nyaris sama harganya dengan harga sasis. Karena memang motor niatnya buat di custom gak ada salah nya mencoba subframe BMW R45. Dari keempat titik, hanya satu titik yang mesti dilakukan perubahan, mesti motong pegangan subframe bagian kanan atas, karena dudukan baut subframe R65GS di sasis terpasang vertikal. Posisi baut lainnya sama persis.

26 Oktober 2013
Sebenarnya kelengkapan part bisa dibilang sangat minim. dan motor belum siap untuk dirakit. Tapi begitu sasis selesai di cat, mesin langsung di pasang dan perlahan part yang ada mulai ditempelkan. Kalu menunggu part lengkap terlebih dahulu, kelamaaaan ... Jadi bisa dibilang motor dibangun tanpa konsep yang jelas. Ide bisa muncul tiba-tiba dan berubah seketika.

16 November 2013
Sok Breker dan Swing Arm selesai di cat dan langsung pasang. Ada sedikit kesalahan dalam memilih warna swing arm, tadinya order warna merah bata. Tapi malah di cat warna merah tua cenderung coklat. Kata tukang cat, di tempat saya warna batu bata ya kayak gini ...!! nanti dicat ulang, sementara pasang aja dulu. Spakbor pinjam kepunyaan BMW R28 dulu.

23 November 2013
Hasil jalan jalan ke toko variasi mobil dapat ide untuk memasang lampu kabut H3 12v. Dengan braket seadanya dipasang untuk di timbang2 posisi yang paling pas. supaya tampilanminimalis Speedometer tidak dipasang, hanya tachometer yang dipasang tunggal. Tachometer dipertahankan karena ada instrumen indikator penting disana, pengisian stroom dan kontrol oli.

16 Desember 2013
Pegangan lampu depan mengadopsi punya Yamaha RX-KING. Tidak ada perubahan berarti. hanya menambah satu lubang baut di segitiga bawah.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...