Thursday 12 April 2012

BMW R24


11 Februari 2012
Rongsokan siap dikirim ke tukang cat dan tukang krom.


23 Maret 2011


8 April 2012
Tukang cat agak lambat progress nya. harus dikejar kejar supaya tepat waktu. Banyak part part kecil yang belum diapa-apain.
Ada sedikit kesulitan dalam membuka jari jari tromol depan, walau sekilas bentuknya sama dengan tromol BMW Kuaci tapi ternyata konstruksinya berbeda sangat, belum pernah bongkar yang seperti ini.



10 April 2012
Sebagian part sudah selesai di cat, Krom2an sudah selesai. Motor mulai dirakit seadanya.
Hasil merakit selama 3 jam. Cuma bisa dapat segini, tidak dapat dilanjutkan karena part yang lain belum siap untuk dirakit.


24 April 2012
Waktu sangat terbatas untuk memulai lagi perakitan, di hari ini cuma iseng saja memasang gardan. As roda pun sebenarnya belum selesai benar, ada bushing yang harus diukur terlebih dahulu. Sebelumnya di buku manual R24 tidak terlihat posisi bushing dan ukuran yang pas.
Dalam proses ini dapat kabar bahwa piston rusak total setelah coba dilepas dari silinder yang macet parah. Tapi bukan masalah yang berarti kebetulan piston sama persis dengan piston R25/2 ataupun R25/3, Masih mudah diperoleh gantinya.



16 Juni 2012








Progress perakitan berjalan lambat, gak punya waktu banyak. Jadi merakit sambil iseng saja kalo ada waktu luang. Hari ini cuma bisa memasang ring lampu, emblem, spakbor depan - belakang, dan nge set jok.
Rangka Jok yang dipasang sebenarnya bukan bentuk original bawaan BMW R24, cuma modifikasi dari rangka boncengan belakan BMW R25. Sampai saat ini belum dapat rangka jok model original. Rencananya jok yang dipasang merknya drilastic.
As roda belakang bubut sendiri dengan mereka-reka bentuk aslinya dari gambar, agak berbeda karena di tromol roda belakang tidak memakai bearing. Jadi as roda ikut berputar karena bearing numpang di sasis.
Footstep, as standar dan bush nya  handmade bubut sendiri, juga dengan mereka-reka karena tidak ada contoh.

25 Mei 2013








12 Oktober 2013
Sudah komplit. Mesin sehat dan mudah dihidupkan dengan kelistrikan 12v plus karbu BMW R60/5. Hanya saya yang masih kurang sreg karet tangki yang belum terpasang disisi sebelah kiri. Juga Jok denfeld yang terlihat agak 'culun' di motor ini. Cocoknya dipasang jok Drilastic yang masih dalam proses pemesanan.
Disaat yang bersamaan motor ini berpindah tangan ke Bro Rio. Motor dapat dijalankan menembus macet dari Jakarta Timur ke Tanjung Priok tanpa ada masalah berarti. Hanya saya muncul sedikit keluhan kopling yang agak slip.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...