Thursday 2 February 2012

Perjalanan Panjang BMW R25/3 Chopper

Tidak banyak pemilik yang nekat 'merusak' motor bmw nya dengan yang aneh-aneh, apalagi dengan memodifikasi R25/3 nya dengan style chopper. Pengecualian mungkin ada pada motor ini, bukan karena nekat tapi karena sedikit keterpaksaan mengingat dapetnya udah dalam kondisi termodifikasi di tahun 2000.
Pernah terniat untuk merestorasi, dari kalkulasi pada saat itu mesti disiapkan anggaran yang rasanya cukup untuk membeli 1 unit motor lagi.
Kenapa mahal ?? ... la iya laaah .. motor udah diacak acak gitu. yang orisinil cuma tersisa mesin girbok dan gardan. lainnya handmade plus comot sana sini part motor non-BMW. Bahkan untuk sasis bisa dibilang tidak orisinil lagi karena sudut komstir sudah diubah supaya style chopper lebih 'dapet'.
Daya jelajah lumayan, yang paling dibanggakan (pemilik sebelumnya) pada tahun 1997 motor ini ikut turing BMW Club Jakarta - Medan PP. Hebatnya (tepatnya Nekad) Bikers nya meng klaim bahwa perjalanan ditempuh tanpa sekalipun menggunakan rem depan !!! (karena memang rem depan tidak terpasang)
Kondisi motor terkini cukup meyedihkan karena modifikasi yang tidak ada ujungnya mengakibatkan motor terbengkalai, lebih banyak mengisi waktu mondok dari satu bengkel ke bengkel lainnya tanpa pernah dipakai turing.

Sejarah kepemilikan :
  1. Hendro (????-2000)
  2. Beny W. (1992-2000)
  3. Hidra S. (2000 - sekarang)
Jakarta, 18 November 1993
Foto jadul. Modifikasi seperti ini sangat trend di saat itu. Foto diambil di Blok M Plaza, karena pemiliknya memang bekerja disana.

Jalan Salam, Jakarta, Mei 2000
Kondisi awal pada saat motor beralih tangan dari Bro Mbenk ke HS. awalnnya berwarna biru muda. Sok belakang tanpa slongsong penutup.


Pantura, Agustus 2000
Dalam perjalanan turing Jakarta Jokja. Warna motor sudah berubah menjadi Curacao Blue dengan modifikasi pada velg bintang copotan dari BMW modifikasi lainnya (yang akhirnya direstorasi dengan menggendong sespan) yang terbengkalai di bengkel.
Rem belakang diubah pakai cakram, ceritanya ingin seperti R100RS tapi ternyata kurang maksimal banyak kendala dalam perjalanan. Sok breker belakang sudah ditutup dengan slongsong hand made. Tutup aki masih di krom.



Bekasi, September 2000
Tidak puas dengan velg bintang, urusan kaki2 dikembalikan dengan memakai velg jari2. Slongsong sok belakang dicopot lagi, supaya motor kelihatan sangar. tapi ternyata nggak juga, malah terlihat lebih manis dengan menambah striping ala orisinil BMW dengan memakai stiker warna krom.







Semarang, 14 Oktober 2000


Ancol, 22 Oktober 2000
Ikut Mejeng di acara 3rd Ancol Bike Week 20-22 Oktober 2000. Tampak pada foto Bro Heru, Feri & Hidra.


Binuangeun, Januari 2001
Gaya penjelajah dalam turing halal bihalal ke Pantai Binuangeun yang berada di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, terletak di jalan raya Binuangeun, sekitar 17 Km dari terminal Malingping


12 April 2001
Kebumen, Jawa Tengah.
Dalam perjalanan pulang ke Bekasi dalam acara turing suka suka ke Jokja.


Bandung, Juni 2001
Hadir dalam event 13th Bikers Brotherhood.
Modifikasi lagi pada spakbor belakang, dibuat lebih pendek. Buat Gaya saja tapi malah bikin jaket kotor kalo berkendara disaat hujang dan juga banyak protes dari bikers lain pada saat turing.

25 Maret 2007
Penampilan baru. Pada edisi ini pengapian motor sudah diubah menjadi cdi adopsi motor Jepang. Ada perubahan pada sok breker depan dengan memasang slongsong sok supaya motor terlihat lebih kekar. Tromol belakang dimodifikasi memakai rem cakram, mengadopsi rem cakram motor bebek jepang. Tetapi kurang puas dengan tampilan spakbor belakang yang kurang pas dengan lingkar roda. Keinginan pakaaaaai roda dengan tapak lebar, tapi terkendala oleh posisi as kopel yang tidak memungkinkan memakai roda lebih dari ukuran 130/90.

8 Juli 2007
Pasaraya Blok M Jakarta. Dalam cara HUT 30 Tahun BMW Club Jakarta "30 Years Journey To Discovery".
Dari penampilannya di event ini, Motor menjadi Go International, surprise jua waktu mengetahui Si Biru Chopper ikut terpampang dalam halaman belakang Buku BMW Custom Motorcycles: Choppers, Cruisers, Bobbers, Trikes & Quads karya Uli Cloesen waktu lihat-lihat di situs Amazon.com


22 Juni 2009
Selalu ada ide yang ingin diterapkan, motor yang sudah jadi dan enak dipakai di acak2 acak lagi. Padahal masih jarang dipakai buat turing dan lebih banyak nongkrong di garasi.
Ingin tampilan chopper yang lebih sangar dengan merubah semua struktur yang sudah ada di motor





3 Juli 2009
Dalam seminggu progress perubahan sudah banyak terlihat. Termasuk detail sudah selesai dikerjakan, walau masih kasar. Sepertinya modifikasi kali ini akan cepat selesai. Tapi ternyata tidak setelah fase ini, pengerjaan modifikasi berhenti total, karena bengkel yang mengerjakan tutup tiba2, dan motor dibiarkan terbengkalai.

13 Mei 2011
Project dilanjutkan. Ada perubahan lagi, tromol depan dirubah menjadi double disc memakai barang 'limbah' dari CJ750 Biru yang dikembalikan ke bentuk rem tromol, komplit dari sok breker, tromol sampai calipernya. Segitiga atas pakai limbah motoguzzi eldo.
Cakram belakang ditukar dengan yang lebih lebar, masih pakai punya bebek juga. Lebih lebar sekitar 1 inchi jadinya. pusing juga mikirin posisi jok, tadinya ingin dipasang per solo. setelah dipikir2 penampilan jadi lebih bagus kalo rigid saja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...